Sate Truck, Ketika Sate Indonesia Merambah Washington DC

Jualan sate di Washington DC?

Kalimat pembuka yang diucapkan Indra Herlambang tersebut langsung menghentikan langkah penulis, sejenak buat menyimak berita kuliner di acara Friends ANTV. Sate Madura? Udah banyak tersebar di Indonesia. Sate Padang? Terkenal akan rasa pedasnya. Terus ini Sate Truck, di Washington DC? “Jualannya sambil kipas-kipas gitu?” seloroh Indah Kalalo.

sate truck punya facebook dan twitterDialah Chef Sonny Setiantoko, pemilik Indonesian Food Sate Truck dan Satay Sarinah Restaurant. Dimulai pada tahun 1999 dengan Indonesian Satay Sarinah Restaurant. Pertama kali dibuka di Georgetown, kemudian, pindah ke Alexandria Virginia di mana dia masih dengan setia menjajakan makanan Indonesia yang lezat dan otentik. Dengan basis utama menempati lahan di 512-A S. Van Dorn St Alexandria, Virginia 22304, Phone +1 703-370-4313; (240) 277-9563, sekarang Indonesian Food Sate Truck membawa cita rasa makanan Indonesia ke jalan-jalan di Washington DC.

Kalau di Indonesia, tukang sate biasanya keluar malam hari. Tidak dengan di Washington DC. Di sana, Sate Truck ini beroperasi setiap jam makan siang. Beberapa tahun belakangan, Food Truck memang mulai marak. Food Truck ini adalah truk yang dimodifikasi untuk jualan makanan dan mereka mangkal ketika jam-jam makan siang saja. “Untuk mengakomodasi kebutuhan makan siang para pekerja. Sehingga tidak perlu keluar terlalu jauh dari kantornya. Dan saya menganggap Sate Truck ini adalah cara yang paling efisien untuk memasarkan produk dan kelezatan makanan indonesia di kalangan orang-orang washington DC”, kata Sonny saat diwawancara VoA.

sate truck sate indonesian food

Karena memasarkan sate menggunakan sebuah truk, Sate Truck ini pun sifatnya mobile. 

found spot at State Department today! about 14 hours ago
Will stop at Union Station. about a day ago
Good morning, Windows will be open at Farragut Square. about 2 days ago

*kepo dari twitternya

Sate Truck ini merupakan Food Truck pertama di USA yang menyajikan kelezatan kuliner Indonesia kepada publik Amerika. Ide untuk menjajakan makanan Indonesia secara mobile ini menjadi kenyataan pada 5 Juni 2012. Dengan tekad ‘menjadi penyedia makanan asli Indonesia di daerah metropolis’, untuk pertama kalinya, Sate Truck melaju dari Virginia, melintasi 14th Street dengan tujuan kota penuh keindahan, Washington DC.

Chef Sonny Setiantoko berpendapat bahwa tradisi makanan Indonesia sangat tidak terwakili di Amerika Serikat, sehingga dia memutuskan untuk memperkaya pasar AS dengan makanan lezat. Dia juga ingin menciptakan stimulus sendiri untuk membantu perekonomian dengan menyediakan barisan merk baru dalam memperkaya pangsa makanan dan layanan untuk membantu pariwisata di daerah metropolitan Washington DC. Keberhasilan besar restoran Satay Sarinah, adalah alasan lain yang membuat Chef Sonny fokus untuk membawa Sate Truck ke area ini. Sekarang orang di DC dapat menikmati tradisi makanan berusia ribuan tahun dari bangsa Indonesia.

sate truck chicken sate comboUntuk pilihan menu, Sate Truck menawarkan tiga variasi masakan.

  • Chiken Sate. Fried rice Chicken on skewers with peanut sauce Vegetable stew. Seharga 8 dolar
  • Mie Ayam. Egg noodles Chicken Oyster mushroom Sesame sauce Bok choy Crispy wonton. Seharga 8 dolar
  • Chiken Combo. Coconut rice (nasi kuning) Spicy beef curry (rendang) Chicken sate with peanut sauce (chicken on skewers) Vegetable stew Corn fritters. Seharga 10 dolar.

gambar-gambar Sate Truck ada di Gallery  page 2, video di page 3

Sebagai penikmat sate (sampai-sampai tempat makan sate di Ngesrep, Tembalang dan sekitarnya udah pernah dicoba semua) pikiran pun langsung melayang ke sana. Kapan ya bisa mencicip Sate Truck di Washington DC? 😀

referensi tulisan sate truck ini dari nonton segmen Kilas Mancanegara di acara Friends ANTV dan beberapa diambil dari sini:

  1. website http://sate.co atau http://satetruck.com
  2. sate truck di facebook http://www.facebook.com/SateTruck
  3. sate truck di twitter https://twitter.com/SateTruck
  4. venue sate truck di foursquare https://foursquare.com/v/sate-indonesian-food/4fe09cd1e4b0503cb9131394
  5. review sate truck dari para bule http://www.yelp.com/biz/sate-indonesian-food-truck-by-satay-sarinah-washington

1 Comment

Leave a Comment

Capcay *